Refleksi Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Yang Terdapat Pada Candi Prambanan Dibimbing oleh Prof.Marsigit

Bookmark and Share


Oleh :
Bayu Widyanto (15301244010)
Pendidikan Matematika
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Yogyakarta

Mata kuliah etnomatematika merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Matematika. Mata kuliah tersebut saya ambil pada semester 6. Perkuliahan etnomatematika ini diampu oleh Prof. Dr. Marsigit,M.A. Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai perangkat pembelajaran yang telah saya buat. Dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan LKS, sebelumnya kelas kami yang beranggotakan 31 orang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Kelompok Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Keraton Yogyakarta. Dari ketiga lokasi tersebut, kami diminta untuk mencari obyek-obyek dilokasi-lokasi tersebut yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Setelah lokasi dibagi maka selanjutnya membagi materi dan kelas, sehingga tidak ada kesamaan materi antar mahasiswa. Saya sendiri mendapat kelompok di Candi Prambanan dan materi yang saya dapat adalah mencari volume tabung untuk SMP kelas IX. Kemudian, saya dan teman-teman kelompok Candi Prambanan melakukan observasi pada tanggal 24 Maret 2018.
Pada lokasi Candi Prambanan, terdapat banyak sekali obyek yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika. Salah satu obyek tersebut terdapat pada Museum Candi Prambanan yang berada di dalam komplek Taman Wisata Candi Prambanan. Karena materi yang saya dapat yaitu materi untuk mencari volume tabung maka saya fokuskan mencari obyek-obyek yang berkaitan dengan tabung. Setelah melakukan observasi di Candi Prambanan didapat data, berikut hasilnya :


          Gambar diatas merupakan prasasti yang ada pada Museum Candi Prambanan. Kemudian dari gambar tersebut siswa memvisualisasikan prasasti dengan bentuk bangun geometri. Selanjutnya siswa menyadari bahwa volume benda tersebut dapat dicari menggunakan rumus volume tabung. Untuk lebih jelasnya bisa lihat berikut ini :

           Dari hasil observasi tersebut, dapat dibuat menjadi Lembar Kerja Peserta Didik dan RPP yang berbasis Etnomatematika. Dalam pembuatan LKPD dan RPP nya, saya menggunakan pendekatan saintifik dengan syntak yaitu 5 M. Dari LKPD dan RPP yang telah saya buat, diharapkan siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan lebih mudah.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

dabriapaden mengatakan...

Best Casinos Near Wynn Las Vegas, NV - Mapyro
Best Casinos Near Wynn Las 화성 출장마사지 Vegas, NV. 제주도 출장샵 MapYRO provides real-time driving directions 의정부 출장마사지 to casinos and other gaming facilities located in Las 논산 출장마사지 Vegas, 제주도 출장마사지 NV.

Posting Komentar